Awan Garis Pertanda Gempa

Tadi sore sekitar pukul 16.00 WITA tanggal 12 Juli 2010 di Makassar, saya lihat ada awan yang berbentuk garis.
Saya kira itu adalah asap pesawat tempur, bahkan saya ngotot bahwa itu adalah asap roket (maklum, saya masih awam).
tadi saya menyempatkan diri untuk mengabadikannya :




 








 *gambar-gambar ini dikutip di beberapa tempat 


Setelah browsing, saya jadi paham mengenai tipe awan ini.
Awan berbentuk garis ini merupakan tanda-tanda akan terjadinya gempa bumi, entah itu di sekitar wilayah Makassar atau di tempat lain ( cuma tuhan yang tahu ). Bisa kalian lihat sendiri, bentuk awan tersebut menyerupai asap pesawat.

Mekanismenya :

Gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan sumber gempa keluar dan tabrakan dengan permukaan bumi menembus langit sehingga terbentuk awan yang tidak seperti biasanya. Akibatnya, ada awan yg berbentuk seperti radiasi, putaran seperti angin taifu atau awan lurus seperti tali (garis) .

Jujur, saya jadi miris dengan fenomena awan ini.
Telah mengetahui banyak bukti gempa yang terjadi setelah muncul awan berbentuk garis ini, misalnya :

1. gempa di Yogyakarta
awan tersebut muncul pada tanggal 3 Mei 2006. tepat beberapa minggu sebelum gempa hebat yang menggoncang Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2006.

2. Gempa di Kagoshima terjadi sehari setelah awan berbentuk garis muncul.

3. Gempa hebat di Jepang, Kobe 1995 terjadi setelah delapan hari terjadinya penampakan awan garis ini.

masih banyak contoh lainnya.

Tapi, waktu jaman SD dulu saya pernah melihat fenomena awan garis seperti ini. Alhamdulillah tidak terjadi gempa  di Makassar.  (seingat saya, gak tau kalau terjadi di tempat lain).



source : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Awan_gempa

Posted by Anggiih @ Monday, July 12, 2010

Like this post? Share it!

RSS Digg Twitter StumbleUpon Delicious Technorati Facebook

1 Comment

Comments
Angga :

It's cool pal....! I like your posted.. :)

nice share pal...

Leave a Comment

Next Post Previous Post
Powered by Blogger | Lunated designed by ZenVerse | Converted to Blogger Templates and Blogger Themes for Cinta | Discount Watch