Monumen Mandala, Makassar

Kalau dengar atau baca kata MONUMEN MANDALA , pasti ingatnya langsung Kota Makassar. Nah, monumen Mandala merupakan salah satu kebanggaan warga Makassar dan dapat dijadikan sebagai tanda penghargaan warga Makassar kepada alm. H.M. Soeharto yang pernah menjabat sebagai Deputi Wilayah Indonesia Timur dan Panglima Komando Mandala untuk pembebasan Irian Barat (Papua), pada tahun 1966 sebelum beliau menjadi presiden RI yang II.

Monumen Mandala dibangun pada tahun 1993. Monumen ini memang mirip dengan Monas di Jakarta, tapi ukurannya yang membedakan kedua monumen tersebut.
Ketinggian Monumen Mandala sekitar 75 meter ini melambangkan ketegaran, keteguhan, dan kekuatan pada pejuang Trikora ( Tiga Komando Rakyat ), yang pada saat itu dipimpin oleh alm. H.M. Soeharto.

kata guru saya,
relief kobaran api yang terdapat di bagian luar Monumen Mandala melambangkan semangat untuk membebaskan Irian Barat.

Bagian dalam Monumen tersebut terdapat berbagai macam peninggalan bersejarah, salah satunya adalah patung-patung yang menggambarkan perjuangan rakyat dalam pembebasan Irian Barat. Selain itu, apabila kita naik ke lantai paling atas Monumen, kalian bisa menikmati keindahan kota Makassar dari segala arah.

Apabila kalian ke Makassar, ga ada salahnya untuk mampir ke Monumen Mandala.


Posted by Anggiih @ Monday, April 19, 2010

Like this post? Share it!

RSS Digg Twitter StumbleUpon Delicious Technorati Facebook

1 Comment

Comments
Anonymous :

saya pernah ke sana, isinya lumayan bagus tapi banyak alat-alatnya yang sudah tidak dioperasikan lagi

Leave a Comment

Next Post Previous Post
Powered by Blogger | Lunated designed by ZenVerse | Converted to Blogger Templates and Blogger Themes for Cinta | Discount Watch